Saturday 23 January 2016

5 Prinsip Web Design Yang Baik



Ada beberapa prinsip dasar yang membuat web design itu bisa terlihat bagus. Banyak orang bilang desain itu relatif, kenapa? karena, misal: buat beberapa orang website banyak warna itu bagus dan menarik, tapi buat sebagian orang malah terlihat kuran baik dan norak. Ada yang menyebut minimalis itu baik, tapi ada yang mengejek minimalis itu sebagai desain yang biasa-biasa saja.
Perdebatan itu tidak akan ada habis nya, karena isi kepala orang berbeda-beda, cara pandang orang berbeda-beda.
Namun ada beberapa faktor yang pasti dan akan mempengaruhi pandangan orang tentang suatu desain website akan menjadi terlihat baik. Setidaknya kita sebagai Web Designer harus sukses menyampaikan isi pesan utama yang ada di website yang kita buat. Itulah tujuan dasar yang harus dipegang teguh oleh para pembuat website.
Berikut adalah beberapa diantaranya hal-hal penting yang harus diperhatikan :
Mungkin beberapa sudah ada juga yang kami bahas di artikel terdahulu tentang  5 Tips Mudah Meningkatkan Desain Blog dan Website

1. Sistem Navigasi Website Yang Baik


Walau bagaimanapun sistem navigasi adalah senjata utama sebuah website, jika sistem navigasinya tidak baik (penempatan dan bentuknya) maka pengunjung akan kebingungan, tersesat, sulit untuk menemukan informasi yang dia cari.
Jadi, walau bagaimanapun bentuk desain yang kamu buat, buatlah sistem navigasi ini dengan sebaik-baiknya, agar mudah diakses oleh pengunjung dan mudah untuk di mengerti alurnya.

2. Konsisten Dalam Hal Branding/Logo

Logo dan Nama website, ini termasuk hal penting dalam sebuah website, jadi buat ini sebaik-baiknya, bagaimana pun bentuk desain kamu, tempatkan logo ditempat yang mudah dilihat, karena ini adalah identitas utama website yang dibuat. Jangan sampai client tidak tau website yang dibukanya ini website siapa.
Selain penempatan yang benar, konsistensi dalam penempatan atau posisi juga harus diperhatikan, hindari posisi logo/brand ataupun identitas perusahaan itu berpindah-pindah posisi. Misal di Index logo ada di kiri atas, di halaman lain ada di kanan atas.
Masalah Branding biasanya terkait juga dengan warna website, warna website biasanya mengacu pada warna brand/logonya. Jadi buat konsisten pada bagian ini.

Website Coca-cola contohnya, menerapkan warna website yang sesuai dengan brand nya, jadi jati diri nya tetap terjaga, Warna Website Dominan Merah.

3. Menggunakan Gambar Dengan Baik.


Apakah anda tau, bahwa gambar atau Visualisasi lain adalah hal yang paling menarik bagi pengunjung website? terkadang visualisasi berupa gambar lebih di mengerti dibanding sekedar text, tidak heran sekarang banyak InfoGraphic, karena itu membuat orang lebih tertarik membacanya dibanding sekedar teks semua.
Anda tau bahwa banyak orang benci membaca buku yang isinya tulisan semua?
Gambar itu bisa diterima semua orang dengan baik, Anda juga tau bahwa sebagian orang membeli buku karena melihat cover nya yang bagus? Itulah beberapa bukti kekuatan sebuah gambar.
Jadi bermain-main lah dengan gambar di desain website anda, buat semenarik mungkin, dan sebaik mungkin.

4. Penggunaaan Font Dengan Baik (Typography).


Apasih isi dari sebuah website? Sebagian website yang ada di Internet terdiri dari TULISAN.
Oleh karena itu tulisan ini adalah sumber informasi utama yang diperlukan oleh pengunjung ketika mengunjungi suatu website, Jadi gunakan font secara bijak, gunakan font yang mudah dibaca oleh pengunjung.
Gunakan juga warna font yang jelas, jika background anda berwarna ORANGE, jangan lah menggunakan font berwarna KUNING, karena membuat tulisan jadi tidak jelas, tapi gunakan font berwarna gelap, seperti warna Hitam atau Coklat.
Baca juga:

5. Pintar Memanfaatkan Multimedia.


Sama halnya dengan gambar, Video atau Multimedia lain nya sangat disukai oleh sebagian orang, makanya tidak heran kalau Televisi lebih Populer dibandingkan dengan RADIO.
Karena dengan multimedia orang akan lebih mudah mengerti, karena di multimedia seperti video, biasanya terdiri dari Gambar, Suara dan Gerakan. Ini lebih cepat dimengerti oleh orang lain. Ingat bahwa tidak semua orang yang mengunjungi website kita tahan membaca tulisan yang panjang dan tidak menjamin juga dia mengerti apa yang kita tulis, namun dengan Video atau Multimedia, Tulisan tidak jelas, masih ada Suara, suara tidak jalas masih ada gerakan-gerakan visual.

Thanks to : http://www.tutorial-webdesign.com
Ano Raga Graphic Designer

Saya Ano Raga, salah seorang lulusan Rumah Gemilang Indonesia angkatan ke-13 yang saat ini bekerja disalah satu lembaga sosial di kota Depok

No comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html