Sunday 18 October 2015

Belajar Membuat Garis Putus-Putus di Photoshop



Belajar Membuat Garis Putus-Putus di Photoshop

Dalam sebuah desain terkadang kita menemukan garis putus-putus, garis ini memberikan kesan tersendiri seperti efek jahitan dan lain sebagainya. Lalu bagaimana kita membuatnya di dalam photoshop? karena Anda tidak akan menemukan tipe border untuk garis putus-putus ini. Untuk itulah tutorial ini dibuat sebagai obat penasaran anda.

Sample use
Membuat Brush
Sebenarnya untuk membuat garis putus-putus ini sangatlah beragam, seperti membuat garis lalu menghapus bagian-bagian tertentu. Namun saya tidak akan menjelaskan cara tersebut melainkan dengan teknik brush. Pertama-tama buatlah dokumen baru dengan ukuran 4px x 2px.
Membuat dokumen baru
Berilah warna background hitam.
Memberi background hitam
Langkah selanjutnya adalah mendefinisikannya sebagai brush, pilih menu edit, lalu pilih “Define brush preset”. beri nama sesuai kehendak anda, misalnya “dashed”.
Membuat brush baru
Bermain-main dengan brush presets
Inti dari teknik ini adalah pada pengaturan brush. Pilihlah brush pada toolbox lalu perhatikan window brushes (jika pengaturan brush belum tampil, tampilkan melalui menu window | Brushes), klik brush presets dan pilih brush yang tadi anda buat (biasanya paling akhir).
Memilih brush
Selanjutnya pilih Brush Tip Shape, geser slider Spacing ke kanan, sehingga brush menjadi putus-putus.
Mengatur jarak brush
Masih belum selesai, kita lanjut ke Shape Dynamics, pada bagian “Angle Jitter”, beri nilai 0% dan pilih Direction untuk control.
Mengatur shape dynamics
Sekarang anda sudah bisa menggunakan brush putus-putus anda, sapukan ke canvas dan anda akan mendapatkan garis putus-putus sesuai dengan lekukan yang anda buat.
Contoh penggunaan
Cara penggunaan
Untuk penggunaan brush ini cukup sederhana, anda cukup menggunakannya seperti brush biasa seperti sebelumnya. lalu bagaimana jika anda ingin membuat garis lurus?
anda cukup menekan tombol Shift dan sapukan brush anda.
Membut garis lurus
Selanjutnya, bagaimana jika kita ingin menerapkannya pada shape, “Ellipse Tool” misalnya?.
Untuk menerapkannya pada shape tool, pastikan anda memilih “Path” sebelum membuat shape.
Memilih tipe path
Selanjutnya klik kanan pada shape yang anda buat, dan pilih “Stroke path” dan pilih brush. Pastikan brush putus-putus kita belum berubah, klik Ok dan Boom! kini lingkaran anda memiliki garis putus-putus.
Stroke path
Lingkarang dengan garis putus-putus
Cara pembuatan di CSS
Jika sebelumnya saya jelaskan cara pembuatan garis-putus-putus di photoshop, kita kita beralih ke pembuatan garis putus-putus di CSS. Untuk membuat garis putus-putus anda cukup menentukan border-style dengan nilai dashed.
border-style:dashed; /* atau */
border: 2px dashed black;

Kesimpulan
photoshop cs6 stroke
Kabar baiknya, pada versi terbaru photoshop, yakni CS6 anda bisa menentukan tipe stroke dan salah satunya adalah garis putus-putus ini. Namun bagi anda yang masih menggunakan photoshop CS5 ke bawah, anda bisa menggunakan teknik yang telah anda pelajari di atas

Thanks to : http://beritaprinting.com
Ano Raga Graphic Designer

Saya Ano Raga, salah seorang lulusan Rumah Gemilang Indonesia angkatan ke-13 yang saat ini bekerja disalah satu lembaga sosial di kota Depok

No comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html