Saturday 17 October 2015

Menggunakan Photoshop Untuk Membuat Gif




Menggunakan Photoshop Untuk Membuat Gif


Buka Photoshop, lalu buat buat dokumen baru dengan width dan height 350, resolution 75.
Info Mesin Cetak
Karena yang akan kita buat adalah gif yang sederhana, buat saja bentuk gif dari gambar yang ada di Custom Shape Tool (U). contoh bentuknya di bawah ini.
Info Mesin Cetak
Info Mesin Cetak : Custom Shape Tool
Buat shape pada layer yang berbeda. Jangan sampai sama dengan background. Setelah itu munculkan menu Animasi Window. Dengan memilih Window → Animasi. Animasi Frame ini berguna untuk mengoperasikan project animasi.
Info Mesin Cetak
Set waktu durasi dari desain dengan klik kanan Selects frame delay time seperti yang di tunjukkan di gambar. Pilih lama durasi 0.1 second saja.
Info Mesin Cetak
Info Mesin Cetak : Selects frame delay time
Duplikat layer animasi dengan Ctrl + J dan perbanyak frame animasi dengan menekan Duplicates selested frames sampai terbentuk frame baru sebanyak yang di inginkan.
Info Mesin Cetak
Info Mesin Cetak
Info Mesin Cetak : Duplicates selested frames
Sekarang sudah terbentuk Layer Animasi dan Frame Animasi. Langkah selanjutnya dengan mengatur Indicates layer visibility (icon mata) pada setiap frame. Hal ini yang mempengaruhi hasil gif. Jika kalian bingung cara kerja  dari Indicates layer visibility (icon mata) coba pahami terlebih dahulu penjelasan berikut ini.
Jika Animation Frame yang aktif nomor 1 maka Animation Layer yang aktif juga harus nomor satu. Jika Animation Frame yang aktif 2 maka yang aktif juga harus Animation 2.
Info Mesin Cetak
Jika kalian akan  menggerakkan gambar pastikan Indicates layer visibility (icon mata) yang tidak perlu harus dimatikan agar animasi gambar tidak bertumpuk. Jika kita beralih Frame Maka harus Beralih Layer juga. Layer animasi ini lah yang hanya perlu kita ubah.
Jika sudah melakukan pengaturan Indicates layer visibility (icon mata) buat animasi dengan menggerakkan layer animasi. Caranya, pilih frame animasi satu lalu pilih layer animasi satu tekan Move Tool pada Toolbox (V). Rubah posisi derajat sudutnya menjadi 60, Lakukan kepada layer selanjutnya dengan mengubah posisi derajat sudut.
Frame Animasi 2 posisi derajat sudut layer menjadi 120
Frame Animasi 3 posisi derajat sudut layer menjadi 180
Frame Animasi 4 posisi derajat sudut layer menjadi 240
Frame Animasi 5 posisi derajat sudut layer menjadi 300
Sekarang tes animasi anda dengan menekan tombol seperti yang di bawah.
Info Mesin Cetak
Info Mesin Cetak : Play
Mudah bukan ? semoga tutorial ini dapat membantu kesulitan anda. Untuk menyimpan gif cukup dengan memilih File → Save for Web & Devices… lalu klik OK.

Thanks to : http://beritaprinting.com
Ano Raga Graphic Designer

Saya Ano Raga, salah seorang lulusan Rumah Gemilang Indonesia angkatan ke-13 yang saat ini bekerja disalah satu lembaga sosial di kota Depok

No comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html